SOKCANTIK.com - Portal Informasi Kecantikan

Kumpulan lengkap aneka artikel pengetahuan seputar direktori kesehatan dan kecantikan yang bermanfaat

Jumat, 02 September 2016

Tips Merias Menghias Mata Sesuai dengan Bentuk Mata

Mata adalah jendela hati. Kata-kata ini kedengarannya klise, tetapi benar adanya. Karena karakter atau suasana hati seseorang terbaca melalui matanya. Menurut para ahli kecantikan, mata yang ideal adalah berbentuk oval dan bersinar cermerlang. Karena itu, bentuk mata yang kurang ideal (sipit, kecil, sayu, terlalu besar, bengkak) dianggap cukup bermasalah. Untuk mengatasinya tidaklah sulit. Ikuti tips untuk menghias mata sesuai bentuk mata berikut.

Mata sipit


Ciri-ciri : mata tidak memiliki kelopak mata sehingga kelihatan sempit.

Untuk membuat mata terlihat besar, gunakan selotip mata (scotch tape ) di bagian lipatan (kelopak) mata. Fungsi selotip mata adalah untuk memberikan kesan mata memiliki kelopaak. Gunakan perona mata dengan warna-warna terang, seperti merah muda, peach, biru muda atau hijau muda. Jangan gunakan warna-warna gelap karena kelopak mata yang telah diberi selotip mata akan terlihat semakin kecil.

Mata sipit tidak selalu terlihat jelek. Bila ditonjolkan, bisa membuat wajah cantik dan unik.Cobalah riasan chinese lokk. Anda tidak perlu menggunakan selotip mata. Bubuhkan perona mata warna cokelat atau ung. Buat gradasi warna, makin keatas (ke arah alis) makin lembut. Naikkan alis dengan menggunakan pensil alis tapi jangan dibuat patah di bagian ujunganya, beri eyeliner di seputar garis mata (tepat pada garis bulu mata) atas bawah. Tidak perlu membuat sudut mata.

Mata besar


Ciri-ciri: bola mata bulat dan menonjol sehingga wajah terkesan galak.

Gunakan perona mata berwarna terang dan lembut seperti pink muda, putih, peach, untuk menghilangkan kelopak mata yang terlalu besar. Hindari warna-warna keras. Untuk membuat mata lebih kecil atau sipit,bubuhkan eyeliner pada garis mata saja. Jangan membuat efek pada ujung mata luar mata. Bentuklah alis tapi jangan terlalau naik ke atas akrena akan menambah kesan mata bulat.

Tips Merias Mata

Mata kecil


Ciri-cirinya: bentuk mata kecil dan memiliki kelopak mata.wajah tampak muram dan tidak bersinar

Mata kecil dapat dibuat tampak lebih besar dengan cara memberikan perhatian pada daerah sudut mata. Bubuhkan eyeliner pada bagian bawah mata, tepat di garis bulu mata, tambahkan sedikit garis pada ujung luar mata. Sapukan eyeshadow berwarna gelap atau (cokelat atau keunguan ) di daerah lipatan mata. Baurkan dengan kuas sampai didapatkan gradasi warna yang benar-benar halus. Jangan menngunakan highlight karena kana membuat mata tampakmakin kecil.Bentuklah alis agak tinggi untuk mengangkat mata.

Mata sayu


Ciri-ciri: ujung luar mata turun sehingga wajah tampak seperti mengantuk

Oleskan concelear pada kelopak dari bagian bawah mata. Bubuhkan eyeliner pada bagian atas garis bulu mata. Guakan perona mata warna gelap. Buat gradasi warna untuk memberiakn kesan lembut. Hindari pemakaian warna-warna terang karena akan menambah kesan mengantuk. Riasan pada bulu mata sanga penting karena bulu mata membantu memberikan kesan naik pada mata. Jepit bulu mata pada pangkalnya lakukan sekali lagi saja agar terkesan patah-patah. Oelskan maskara agar bulu mata terangkat dan berkesan penuh. Alis juga berperan penting dalam mengangkat mata yang sayu. Buatkan alis sedikit naik. Riasan jangan terlalau tebal buat senatural mungkin. Sebaiknya gunakan eye brow powder untuk mengisi alis.

Mata turun


Ciri-ciri: kelopak mata bagian bawah turun sehingga wajah terkesan lelah.

Pilih eyeshadow dengan warna-warna gelap seperti hitam atau cokelat. Buat gradasi warna untuk memberi kesan lembut. Eyeliner sangat penting untuk memberikan kesan naik pada mata yang turun. Gunakan eyeliner pada garis mata atas, tark sedikit ke ujung luar mata. Alis dibentuk agak naik. Bulu mata sangat berpdengan menjepit bulu mata pada pangkalnya. Jangan lakukan berulang-ulang. Bila bulu mata tipis dan jarang gunakan bulu mata palsu.terakhir bubuhkan maskara.

Mata Bengkak


Bila anda kurang tidur atau sedang sakit,kelopak mata sering kelihata bengkak. Namun ada juga bentuk mata yang memang kelihatan bengkak. Untuk mengatasinya lakukan hal berikut. Jangan gunakan perona mata berwarna terang karena akan memperjelas bengkak pada mata. Gunakan warna-warna gelap seperti cokelat tua, atau hijau tua untuk mengurangi efek bengkak.Bila ingin memberikan highlight gunakan warna putih yang digunakan di bawah alis. Gunakaan eyeliner pada garis mata untuk mengurangi kesan bengkak

Mata tidak bersinar


Saat anda lelah atau karena terlalu banyak membaca dan bekerja di depan komputer, mata menjadi kemerahan atau berkesan suram. Agar mata tampak bersinar lagi,ada caranya. Bubuhkan perona mata bernuansa muda yang mengandung campuran putih (kuning mudaatau pink muda), tetapi harus disesuaikan juga dengan jenis mata Anda. Untuk memberikan kesan bersinar pada mata, berikan warna putih pada daeah bawah mata dengan menggunakan pensil putih. Oleskan samar-samar saja, jangan sampai warna terlihat menumpuk.

Bulu mata memberikan efek yang cuup besar untuk membuat mata terlihat bersnar. Angkat bulu mata (panda pangkalnya) dengan penjepit, sehingga semua bulu mata terangkat. Bila Anda menjepitnya dengan cara tida benar dapat membuat bulu mata patah-patah. Karena itu, jepit sekali saja. Untuk menghilangkan kemerahan pada mata, kompres dengan teh celup yang telah didinginkan atau air es.

Artikel Kecantikan Terbaik

 
Back To Top