SOKCANTIK.com - Portal Informasi Kecantikan

Kumpulan lengkap aneka artikel pengetahuan seputar direktori kesehatan dan kecantikan yang bermanfaat

Senin, 05 September 2016

Cara Membuat Kuteks Secara Alami

Secara umum, kecantikan seorang wanita tidak hanya terpaku pada perawatan wajah saja, namun juga pada bagian tubuh lainnya, seperti dengan mewarnai kuku.

Bahan untuk mewarnai kuku dikenal dengan istilah kuteks, nails, atau henna. Mewarnai kuku itu sendiri dapat meningkatkan feminitas dari seorang wanita. Sementara para pria yang menggunakan kuteks kadang dianggap lucu.

Baca juga : Cara Memutihkan Kuku Secara Alami

Pada dasarnya, kuteks bisa dibagi menjadi 2 jenis yaitu kuteks buatan (bahan kimia) dan kutek berbahan alami. Kuteks yang bersifat buatan memiliki berbagai warna menarik jika dibandingkan dengan kuteks alami. Namun kuteks alami memiliki keunggulan lain karena tidak menimbulkan efek samping.

Membuat Kuteks Secara Alami

Apalagi belakangan ini sering muncul berbagai masalah yang diakibatkan penggunaan kutek buatan dalam waktu yang lama. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat-zat kimia di dalam kuteks tersebut yang tidak ramah bagi kesehatan. Sayangnya banyak produsen kuteks yang justru mengabaikan masalah ini.

Membuat Kuteks Secara Alami


Untuk terhindar dari masalah ini, Anda bisa memanfaatkan kuteks alami. Jenis kuteks yang satu ini bisa didapatkan dari tanaman pacar kuku yang memiliki kandungan zat pewarna. Tanaman dengan nama latin lawsonia inermis L ini sudah menjadi kegemaran wanita dari berbagai negara dalam mewarnai kukunya. Selain bisa dijadikan kuteks, daun ini bisa pula dimanfaatkan untuk mewarnai rambut.

Baca juga : Tips Merawat Rambut

Berikut tips bagi Anda yang ingin membuat kuteks dengan memanfaatkan daun pacar kuku.

Bahan Membuat Kuteks :


  1. Siapkan daun pacar kuku segenggam tangan, kapur, batu, wadah, tali, plastik atau daun.
  2. Pastikan untuk menggunakan wadah yang tidak mudah pecah karena akan digunakan untuk menumbuk. Secara tradisional, orang biasanya menggunakan tempurung kelapa.
  3. Tali berfungsi untuk mengikat sehingga sesuaikan jumlahnya dengan jari yang ingin diwarnai.
  4. Sementara daun digunakan sebagai penutup kuku yang ditempel dengan daun pacar kuku. Sebaiknya pilihlah daun yang lebar dan tidak mudah robek. Apabila tidak memungkinkan, Anda bisa menggunakan plastik.

Cara Membuat Kuteks :


  1. Cuci bersih daun pacar kuku lalu tempatkan pada wadah tadi dan tumbuk. Pastikan untuk menumbuk daun pacar hingga halus.
  2. Setelah itu, masukkanlah sedikit kapur. Jika tidak ada, Anda bisa menggantinya dengan menggunakan jeruk nipis. Hal ini justru bisa semakin mengoptimalkan hasilnya.
  3. Apabila daun pacar sudah halus, berikanlah pada kuku Anda. Pastikan agar memberikannya sesuai dengan permukaan kuku agar tidak mewarnai daerah kulit lainnya. Agar bisa mendapatkan hasil yang lebih rapi, gunakanlah sarung tangan.
  4. Langkah membuat kuteks secara alami dengan daun pacar selanjutnya adalah dengan menutup kuku menggunakan plastik atau daun. Sebelumnya, potonglah daun atau plastik agar ukurannya bisa menutupi kuku, lalu lipatlah ke kuku dan jari Anda. Pastikan untuk menutupinya hingga ¼ jari agar zat pewarna daun pacar bisa lebih terjaga pada kuku.
  5. Setelah itu, ikatlah kuku jari yang sudah dibungkus dengan daun tadi menggunakan tali secara kuat agar tidak mudah lepas.
  6. Terakhir, diamkan selama 15 hingga 30 menit dan bukalah pembungkusnya. Pastikan apakah kuku Anda sudah memiliki warna atau tidak.

Tips Membuat Kuteks :

  1. Pastikan agar hasil tumbukan dari daun pacar tidak berair, namun bisa sedikit lebih padat. Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan daun pacar secara banyak.
  2. Apabila Anda menggunakan jeruk nipis, jangan menggunakan terlalu banyak karena bisa menghasilkan adonan yang cair. Bahan kuteks yang cair akan susah untuk kering dan bisa mengenai bagian kulit lainnya sehingga hasilnya menjadi berantakan.

Nah, itulah tips dan cara membuat kuteks secara alami yang bisa Anda coba. Selain karena minim efek samping, kuteks alami juga murah serta mudah penggunaanya.
Back To Top