SOKCANTIK.com - Portal Informasi Kecantikan

Kumpulan lengkap aneka artikel pengetahuan seputar direktori kesehatan dan kecantikan yang bermanfaat

Rabu, 07 September 2016

Rahasia Perawatan Kecantikan Tradisional

Sudah menjadi hal yang umum bila para wanita Indonesia terkenal akan kecantikannya yang unik dan eksotis. Hal ini bisa terlihat dari begitu banyaknya rahasia kecantikan yang diwariskan setiap suku-suku di tanah air.

Bahkan banyak produk kecantikan yang dijumpai saat ini mengambil ide dan konsep dari kekayaaan budaya tradisional ini.

Kulit Bercahaya Dari Suku Bugis


Wanita bugis sangat identik dengan perawatan kulit menggunakan bedak. Ada banyak jenis bedak yang sering digunakan agar bisa mendapatkan kulit yang putih, seperti bedak dari daun pandan, sirih, jeruk nipis, dan ginseng.

Namun bedak yang sangat terkenal adalah jenis bedak sirih yang merupakan campuran dari sirih, tepung beras, gambir, pinang muda, dan kunyit. Semua bahan tersebut kemudian dioelskan pada tubuh sebanyak 2-3 kali seminggu agar bisa mendapatkan kulit yang cerah.

Sedangkan untuk jenis bedak lotong (hitam) dibuat dari beras, daun pandan, jeruk nipis, dan akar ginseng. Beras kemudian disangrai hingga hangus kemudian ditambahkan daun pandan dan akar lalu diaduk hingga mengeluarkan aroma yang harum. Setelah itu, semua bahan ditumbuk dan dibiarkan hingga dingin kemudian dibalurkan ke tubuh yang berwarna gelap.

Spa Dari Suku Banjar


Rahasia perawatan kecantikan tradisional selanjutnya berasal dari suku Banjar yang bertujuan untuk menyehatkan kulit sekaligus memberikan sensai rileks atau yang biasa disebut dengan spa. Dari jaman Mesir kuno, seorang ratu Cleopatra sangat terkenal akan kecantikannya karena sering melakukan spa menggunakan sari dari rempah-rempah.

Dari begitu banyaknya metode spa yang ada di dunia, Indonesia juga memiliki caranya tersendiri. Di daerah Kalimantan Selatan, terdapat suku Banjar yang sangat terkenal dengan metode spa tradisional bernama Timung.

Kecantikan Indonesia

Timung berasal dari bahasa Banjar Kulua yang memiliki arti mandi tradisional ala orang Banjar. Tradisi ini sendiri telah diwariskan sejak lama yang bertujuan untuk kesehatan kulit sekaligus menghilangkan keringat. Pada awalnya, timung hanya dilakukan bagi mereka para pasangan yang akan menikah. Namun seiring perkembangan, timung kini bisa dilakukan oleh siapa saja yang ingin mendapatkan kecantikan dan kesehatan yang lebih.

Untuk bisa melakukan timung, Anda harus menyiapkan rempah-rempah timung yang didapatkan asli dari Kalimantan Selatan, karena ada beberapa rempah dan akar-akaran yang memang hanya bisa didapatkan dari daerah ini. Setelah itu, Anda bisa mulai menaburi tubuh dengan rempah-rempah tersebut yang nantinya akan meresap ke dalam kulit hingga beberapa hari. Rempah-rempah ini sendiri dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Selain itu, ramuan ini juga dapat menghasilkan aroma wangi pada kulit dalam waktu berhari-hari. Dengan demikian, bukan hanya tubuh yang sehat, namun Anda juga akan memiliki aroma tubuh yang wangi.

Ramuan Cantik ala Suku Jawa


Selain dari suku bugis dan banjar, masyarakat Jawa juga memiliki rahasia perawatan kecantikan tradisional. Tidak hanya jamu, masyarakat Jawa terkenal pula dengan berbagai ramuan yang bisa menyehatkan serta mempecantik wajah. Beberapa ramuan tersebut seperti beras kencur dan bubuk bengkoang yang tentunya sudah akrab di telinga kita.

Beras kencur


Khasiat dari beras kencur untuk perawatan kulit sudah tidak bisa diragukan lagi. Beras kencur itu sendiri memiliki dua jenis, yaitu untuk lulur dan jamu. Untuk lulur, beras kencur biasanya dipadukan dengan tambahan kunyit atau manyir, yang bisa menjadikan kulit lebih halus dan kencang. Pada umumnya, beras kencur untuk lulur dijual dalam kemasan tablet kering sehingga harus dicairkan terlebih dahulu saat hendak digunakan.

Bubuk bengkoang


Bubuk bengkoang merupakan ramuan tradisional yang dibuat dengan memanfaatkan sari-sari bengkoang. Ramuan tradisional ini dipercaya dapat menjadikan kulit lebih putih, mencerahkan, serta meremajakan kulit. Anda bisa membuat ramuan ini sendiri dengan memarut bengkoang lalu peras airnya. Setelah itu, endapakan air bengkoang tersebut lalu pisahkan air dari sarinya. Jemurlah sari bengkoang ini hingga kering yang nantinya dijadikan sebagai bahan masker.

***

Sekian ulasan mengenai rahasia perawatan kecantikan tradisional yang sekiranya bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin mencoba perawatan kecantikan yang alami dan tentunya lebih sehat.

Artikel Kecantikan Terbaik

 
Back To Top